top of page

Belajar cloud computing (komputasi awan) dengan Amazon Web Service

Cloud computing (komputasi awan) adalah model komputasi di mana sumber daya komputasi, seperti server, penyimpanan, jaringan, dan perangkat lunak, disediakan sebagai layanan melalui internet. Cloud computing menawarkan berbagai keuntungan, termasuk fleksibilitas, skalabilitas, dan efisiensi biaya.  Ada tiga model layanan cloud computing yang umum, yaitu Infrastructure as a Service (IaaS), Platform as a Service (PaaS), dan Software as a Service (SaaS).


Amazon Web Services (AWS) adalah platform cloud computing paling populer dan banyak digunakan di seluruh dunia saat ini. AWS menyediakan berbagai layanan dan solusi bagi individu dan organisasi untuk mengembangkan, mendeploy, dan mengelola aplikasi serta data mereka di lingkungan cloud. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang apa itu AWS dan bagaimana belajar cloud computing menggunakan AWS.


AWS adalah rangkaian layanan cloud dari Amazon yang menyediakan infrastruktur IT sebagai layanan. Mulai dari komputasi, penyimpanan, database, hingga analitik. AWS menawarkan lebih dari 200 layanan dan produk yang dapat disesuaikan untuk kebutuhan spesifik pengguna. AWS bahkan melayani beberapa dari perusahaan teknologi terbesar dunia seperti Netflix, Airbnb, dan Expedia.

Jika Anda ingin belajar cloud computing, AWS adalah tempat yang tepat untuk memulai. AWS menawarkan berbagai sumber daya untuk membantu Anda belajar, termasuk pelatihan, sertifikasi, dan komunitas online.


Mengapa Belajar Cloud Computing dengan AWS?

Ada beberapa alasan mengapa Anda harus belajar cloud computing dengan AWS:

  • AWS adalah platform cloud computing yang paling populer. AWS digunakan oleh jutaan pelanggan di seluruh dunia, termasuk banyak perusahaan Fortune 500.

  • AWS menawarkan berbagai layanan cloud yang lengkap. AWS menawarkan lebih dari 200 layanan cloud yang dapat memenuhi kebutuhan berbagai jenis bisnis dan organisasi.

  • AWS menawarkan berbagai sumber daya untuk membantu Anda belajar. AWS menawarkan berbagai pelatihan, sertifikasi, dan komunitas online untuk membantu Anda belajar cloud computing.


Apa yang Dipelajari dalam Cloud Computing dengan AWS?

Dalam cloud computing dengan AWS, Anda akan mempelajari berbagai konsep dan keterampilan yang diperlukan untuk membangun dan mengelola aplikasi dan layanan cloud. Beberapa konsep dan keterampilan yang akan Anda pelajari meliputi:

  • Arsitektur cloud

  • Layanan cloud dasar

  • Keamanan cloud

  • Manajemen cloud

  • Pengembangan aplikasi cloud

Manfaat dari Belajar Cloud Computing dengan AWS:

  1. Fleksibilitas: AWS memudahkan pengguna untuk memilih sistem operasi, bahasa pemrograman, database, dan lainnya yang diperlukan untuk membangun aplikasi mereka.

  2. Biaya-efektif: AWS mengikuti model pay-as-you-go, di mana pengguna hanya membayar untuk sumber daya dan layanan yang mereka gunakan. Ini dapat sangat mengurangi biaya operasional dan infrastruktur.

  3. Skalabilitas dan Performa: AWS memungkinkan pengguna untuk meningkatkan atau mengurangi kapasitas sumber daya mereka sesuai dengan kebutuhan, sehingga meningkatkan kinerja dan mengurangi waktu downtime.


Bagaimana Cara Belajar Cloud Computing dengan AWS:

  1. Pahami Konsep Dasar Cloud Computing: Sebelum langsung terjun ke dalam AWS, penting untuk memahami konsep dasar cloud computing seperti IaaS, PaaS, SaaS, virtualisasi, dan lainnya.

  2. Pahami AWS: Setelah memahami konsep dasar cloud computing, langkah berikutnya adalah memahami arsitektur dan layanan AWS. Layanan cloud dasar meliputi Amazon EC2, Amazon S3, dan Amazon RDS.

  3. Pelajari Bahasa Pemrograman: Meskipun ini bukan persyaratan mutlak, pengetahuan tentang beberapa bahasa pemrograman seperti Python, Java, atau Ruby dapat membantu dalam memanfaatkan AWS secara efektif.

  4. Gunakan Dokumentasi dan Tutorial AWS: AWS menyediakan dokumentasi yang komprehensif dan berbagai tutorial yang menjelaskan bagaimana menggunakan berbagai layanan mereka.

  5. Ikuti Kursus Online: Beberapa platform edukasi online seperti Coursera, Udemy atau di Elite Academy menawarkan kursus khusus  tentang AWS yang ditujukan bagi pemula maupun profesional berpengalaman dan disertai juga dengan bootcamp dan apprenticeship dengan studi kasus nyata.

  6. Dapatkan Sertifikasi AWS: AWS menyediakan berbagai sertifikasi yang dapat membantu Anda memvalidasi pengetahuan dan keterampilan Anda dalam mengelola dan mengoperasikan layanan AWS.

  7. Praktek: Seperti belajar sesuatu yang baru, mempelajari AWS juga membutuhkan banyak praktik. AWS menyediakan "Free Tier" yang memungkinkan Anda menggunakan sebagian besar layanan mereka secara gratis hingga batas tertentu setiap bulan, dan ini dapat menjadi sumber daya yang sangat baik untuk praktikum dan eksperimen.


Kesimpulan

Belajar cloud computing dengan Amazon Web Services adalah investasi waktu dan upaya yang baik bagi siapa saja yang ingin maju dalam karir IT mereka. Dengan meningkatnya adopsi teknologi cloud oleh berbagai organisasi dan perusahaan di seluruh dunia, memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam AWS akan terus menjadi aset yang bernilai dalam pasar kerja. Dengan pemahaman yang kuat tentang AWS dan pengalaman praktis dalam menggunakannya, Anda dapat membuka pintu ke berbagai peluang karir dan pengembangan profesional.

Jika Anda ingin belajar cloud computing Elite Academy adalah tempat yang tepat untuk memulai.


Tentang Elite Academy

Elite Academy adalah Cloud Engineering Academy pertama di Indonesia. Kami memfokuskan diri untuk melatih, menaungi, dan menyediakan Elite Workforce siap kerja. Di Elite Academy kalian dapat memilih End-to-End Program atau Individual Development Program (IDP) untuk menjadi Cloud Engineer. Informasi lengkapnya hubungi kami via Whatsapp official Elite Academy.


Follow dan ikuti juga semua informasi di  Instagram Elite Academy! Banyak informasi dan tips menjadi sebagai Cloud Engineer disana.


14 views0 comments
bottom of page