top of page

Kursus Cloud Engineer Terbaik untuk Meniti Karir Anda

Updated: Jun 13, 2023

Kursus cloud engineer dibutuhkan oleh orang-orang yang ingin bekerja di bidang cloud computing. Seperti yang kita tahu, kemampuan tersebut penting bagi perusahaan-perusahaan yang sudah beralih dari sistem tradisional. Seorang cloud engineer tahu bagaimana merancang infrastruktur aplikasi mobile dan web berbasis cloud, sekaligus tools dan layanan yang tersedia.

Mereka juga paham betul cara menggunakan tools tersebut, piawai dalam menulis kode, serta mampu mendesain layanan yang berhubungan dengan komponen-komponen cloud. Untuk memiliki pengetahuan tersebut kamu perlu menempuh pendidikan teknik informatika dan komputer. Kemudian meningkatkan skill melalui pelatihan insinyur cloud.

Bila ingin meniti karir terbaik di bidang ini, silahkan simak informasi berikut. Bersama kita bahas jenis kursus yang tersedia, biaya, durasi, serta rekomendasi penyelenggaranya.

Jenis-Jenis Kursus Cloud Engineer Pada Saat Ini

Banyak perusahaan membutuhkan orang-orang yang punya kemampuan cloud computing untuk membantu transformasi bisnis mereka. Makanya saat ini ada tawaran pelatihan digital maupun pelatihan cloud engineer secara tatap muka dan online. Anda dapat belajar sesuai ritme untuk mengasah pengetahuan cloud, mengembangkan keterampilan IT lebih jauh, dan mempelajari praktik terbaik dari instruktur ahli.

Pelatihan inilah yang akan membantu Anda melangkah lebih jauh sebagai seorang cloud engineer terbaik. Nah, untuk jenis kursus yang ada disesuaikan dengan peran atau posisi yang hendak ditempati. Berikut diantaranya:

1. Cloud Architect

Cloud engineer yang memiliki kemampuan dalam mengelola rangka kerja cloud. Tugas dari cloud architect melakukan penerapan aplikasi, monitoring arsitektur, dan melakukan konfigurasi terhadap cloud.

2. Cloud Administrator

Bertanggung jawab atas tugas perencanaan, manajemen, desain, pemeliharaan, serta dukungan terkait cloud computing. Cloud administrator dilakukan oleh insinyur cloud atau profesional IT.

3. Cloud Security Engineer

Jenis pelatihan khusus cloud security engineer yang berkaitan dengan tugasnya membangun fitur serta memelihara keamanan platform maupun aplikasi dengan sistem cloud. Keuntungan mengikuti kursus ini Anda bisa memperoleh pekerjaan yang diproyeksikan akan mengalami lonjakan kenaikan menjanjikan saat ini dan seterusnya.

4. Cloud Automation Engineer

Kursus cloud automation engineer berfokus pada otomatisasi, jaringan cloud, dan integrasi sistem secara holistik. Teknisi cloud ini harus memahami proses pengembangan dan pengiriman aset yang otomasi agar tidak memakan waktu.

5. Cloud Network Engineer

Pada cloud engineer ini bertugas mengatur dan mendukung kerangka kerja network hingga network milik klien dengan pihak vendor jasa cloud. Singkatnya cloud network engineer adalah pengelola infrastruktur cloud yang saling terkait.

6. Cloud Software Developer

Kursus terkait pembangunan serta pemeliharaan fitur dan fungsi dari perangkat lunak, basis data, hingga pemeliharaan aplikasi berbasis cloud. Seorang cloud software developer memiliki peran penting dalam hal tersebut.

Lalu apa yang akan Anda pelajari selama kursus cloud engineer?

  • Kemampuan menerapkan terminologi, keuntungan, konsep, serta risiko clud, jenis-jenis development model (community, hybrid, private, dan public cloud), maupun modern layanan (SaaS, Paas, IaaS).

  • Memberikan dukungan teknis terhadap problem pengguna dan melaporkan ke tingkat selanjutnya seperti ticketing system dan service level agreement (SLA).

  • Mengetahui pentingnya pengawasan dalam cloud computing serta alat yang dipakai.

  • Melakukan kegiatan rutin pada layanan SaaS, PaaS, dan IaaS mulai dari provisioning, pengawasan, dan scaling) maupun layanan cloud.

  • Mengimplementasikan jenis hardware dalam cloud computing, arsitektur server, teknologi storage yang biasa dipakai, dan hard disk drive.

Selesai dari kursus cloud engineer diharapkan Anda bisa menguasai keterampilan yang diperlukan untuk memperoleh pekerjaan bergengsi. Seperti berikut ini:

  • Mahir menggunakan berbagai alat, teknologi, dan platform aplikasi berbasis cloud.

  • Memiliki pengetahuan mendalam tentang HTML, dasar-dasar komputasi, dan bahasa pemrograman.

  • Berpengalaman dalam manajemen proyek yang melibatkan analisis risiko maupun layanan cloud.

  • Ahli dalam pengembangan data, analisis data, dan bisa menangani sistem ERP secara efisien.

  • Keamanan dan pemeliharaan jaringan yang meliputi enkripsi, protokol, serta otorisasi.

  • Memiliki pengetahuan mendalam tentang bahasa pemrograman XML, Python, Java, dan lainnya yang berperan membuka skill cloud.

  • Keterampilan basis data untuk mengubah perspektif organisasi. Seperti yang diketahui cloud adalah solus ramah biaya untuk mengakses, mengelola, dan menyimpan data dalam jumlah besar. Sehingga penggunaannya dapat mengurangi ketergantungan terhadap hard drive komputer.

  • Mampu mengoperasikan sistem operasi Linux sebagai open source terbaik yang bisa disesuaikan kebutuhan bisnis. Sistem operasi ini memang populer karena membuat proses berbagi hasil semakin mudah tanpa harus izin. Banyak perusahaan membangun teknologi mereka dengan Linux.

  • Menyediakan layanan cloud yang menjanjikan bagi sektor apa pun.

  • Pengalaman dengan tools otomasi infrastruktur cloud.

Biaya dan Durasi Kursus Cloud Engineer

Coba kursus gratis atau mendaftar di kursus cloud engineer berbayar untuk keuntungan lebih banyak. Kemampuan Anda akan meningkat dan menjadi seorang teknisi yang handal setelah ikut kelas. Untuk pelatihan insinyur cloud berbayar berkisar antara Rp. 50.000 – Rp. 250.000 per jam. Dengan tingkatan kelas yang dibedakan sesuai kemampuan siswa. Anda dapat memilih kelas online atau langsung tatap muka dengan ahli cloud computing. Terkait durasi kursus berkisar antara 1-5 jam atau menyesuaikan materi yang diajarkan.

Rekomendasi Penyelenggara Kursus Cloud Engineer Terbaik di Indonesia

Pelajari praktek cloud computing langsung dari instruktur ahli yang disediakan penyelenggara pelatihan insinyur cloud terbaik saat ini. Berikut rekomendasinya:

1. Microsoft Azure

Microsoft Azure menawarkan berbagai program pembelajaran cloud computing bagi pemula maupun ahli. Siapa saja boleh mengikuti pelatihan ini sesuai jadwal yang ditentukan. Microsoft Azure dapat dikatakan sebagai pengantar yang bagus untuk mempelajari cloud computing lebih lanjut.

2. Udemy

Udemy adalah platform online yang menyediakan kursus gratis maupun berbayar untuk berbagai bidang, termasuk cloud computing. Disini peserta akan mempelajari Google Cloud, AWS Certified Cloud Practitioner, Docker, DevOps, Microsoft AZ-900, Microsoft Azure, Amazon AWS, AWS Certified Solutions Architect – Associate dan masih banyak lagi yang berhubungan dengan keahlian cloud engineer.

3. Cloud Computing Academy

Ini adalah kursus luar biasa untuk mempelajari dasar-dasar komputasi cloud secara teknis. Anda akan mempelajari virtualisasi, pusat data, jaringan, penyimpanan, kriptografi, model layanan, dan lainnya. Cloud Computing Academy secara keseluruhan bagus untuk siswa maupun profesional yang belum pernah bekerja di bidang tersebut.

4. Google Cloud Training

Layanan ini menawarkan kursus pelatihan gratis dengan fasilitas yang mencakup seluruh persyaratan dan infrastruktur cloud. Setelah kelas Anda dapat memilih berbagai opsi untuk mendapatkan sertifikatnya.

5. Elite Academy

Rekomendasi penyelenggara pelatihan insinyur cloud terbaik dan favorit di Indonesia saat ini. Elite Academy mengajarkan segala hal tentang cloud computing dan penerapannya. Mencari pekerjaan semakin gampang karena saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan posisi cloud engineer dengan bayaran mahal. Yuk, segera ikut kursus cloud engineer terbaik dari salah satu rekomendasi di atas. Tidak masalah mengeluarkan sedikit uang untuk belajar dari dasar hingga menjadi ahlinya.




116 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page