top of page

Mengenal AWS Lambda

Pengenalan

AWS Lambda adalah layanan komputasi berbasis serverless dari Amazon Web Service (AWS) yang memungkinkan pengembang untuk menjalankan kode tanpa perlu mengelola infrastruktur secara manual. Lambda memungkinkan Anda untuk menjalankan kode dalam respon terhadap peristiwa seperti pemanggilan API HTTP, perubahan pada bucket Amazon S3, atau pembaruan di dalam tabel database DynamoDB.


Keuntungan menggunakan AWS Lambda

Salah satu keuntungan utama dari menggunakan AWS Lambda adalah kemampuannya untuk mengurangi beban administrasi terkait dengan pengelolaan server. Dalam model tradisional, Anda perlu melakukan provisioning, pengaturan, dan pemeliharaan server, serta skalabilitas horizontal jika ada lonjakan lalu lintas. Dengan Lambda, semua itu ditangani oleh AWS sehingga Anda dapat fokus pada pengembangan kode Anda.


Berikut beberapa fitur dan manfaat utama yang ditawarkan oleh AWS Lambda:


1. Skalabilitas Otomatis

Lambda secara otomatis akan menangani penyebaran dan peningkatan kapasitas sesuai permintaan lalu lintas. Ini memungkinkan aplikasi Anda untuk tetap responsif bahkan saat ada lonjakan pengguna atau beban kerja.


2. Biaya yang Efisien

Lambda memungkinkan Anda membayar berdasarkan penggunaan yang sebenarnya tanpa harus membayar biaya tetap atau biaya operasional yang tinggi. Anda hanya akan dikenakan biaya ketika kode Lambda Anda benar-benar berjalan.


3. Integrasi dengan Layanan AWS Lainnya 

Lambda dapat dengan mudah diintegrasikan dengan berbagai layanan AWS lainnya seperti Amazon S3, DynamoDB, atau API Gateway. Ini memungkinkan Anda untuk membuat arsitektur mikro servis yang fleksibel dan melibatkan berbagai layanan yang ada di dalam infrastruktur AWS.


4. Berbagai Bahasa Pemrograman yang Didukung 

Lambda mendukung berbagai bahasa pemrograman seperti Java, Python, Node.js, Ruby, dan lainnya. Ini memungkinkan Anda untuk menulis kode dalam bahasa pemrograman yang paling Anda sukai atau yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.


5. Monitoring dan Logging Terpusat 

AWS Lambda menyediakan integrasi dengan AWS CloudWatch yang memungkinkan Anda untuk memantau dan melacak kinerja kode Lambda Anda. Anda dapat melihat metrik, log, dan alarms untuk memonitor performa aplikasi Anda.


6. Penggunaan Sumber Daya yang Efisien 

Lambda akan secara otomatis mengelola infrastruktur di latar belakang dan mengoptimalkan penggunaan sumber daya. Ini berarti Anda tidak perlu khawatir tentang server yang idle atau menggunakan lebih banyak sumber daya dari yang diperlukan.


7. Desain Arsitektur yang Terukur dan Modular 

Dengan menggunakan Lambda, Anda dapat merancang dan membangun aplikasi dengan arsitektur yang terukur dan modular. Anda dapat memecah fungsi-fungsi aplikasi menjadi beberapa fungsi Lambda yang independen, yang memudahkan pengembangan, pemeliharaan, dan pembaruan aplikasi.


Kesimpulan

AWS Lambda adalah layanan yang mengubah cara kita membangun dan menjalankan aplikasi. Dengan serverless computing, kita dapat fokus pada pengembangan kode aplikasi tanpa harus secara manual mengelola infrastruktur. AWS Lambda menawarkan kemudahan penggunaan, skalabilitas otomatis, integrasi dengan layanan AWS, dan biaya yang efisien. Dengan semakin meningkatnya popularitas komputasi serverless, Lambda akan terus menjadi salah satu pilihan utama untuk membangun aplikasi cloud yang scalable dan efisien.


Tentang Elite Academy

Elite Academy adalah Cloud Engineering Academy pertama di Indonesia. Kami memfokuskan diri untuk melatih, menaungi, dan menyediakan Elite Workforce siap kerja. Di Elite Academy kalian dapat memilih End-to-End Program atau Individual Development Program (IDP) untuk menjadi Cloud Engineer. Informasi lengkapnya hubungi kami via Whatsapp official Elite Academy.


Follow dan ikuti juga semua informasi di instagram Elite Academy! Banyak informasi dan tips menjadi sebagai Cloud Engineer disana.

3 views0 comments
bottom of page