top of page

Glosarium Cloud Computing: Memahami Istilah-istilah Penting

Pendahuluan

Cloud computing telah menjadi bagian integral dari berbagai industri dan organisasi. Teknologi ini menawarkan berbagai manfaat, seperti skalabilitas, fleksibilitas, dan penghematan biaya.

Namun, memahami terminologi cloud computing bisa membingungkan bagi pemula. Artikel ini menyediakan glosarium istilah-istilah penting dalam cloud computing untuk membantu Anda memahami teknologi ini dengan lebih baik.


Glosarium Cloud Computing:

A

  1. Amazon Web Services (AWS): Platform cloud computing terdepan yang menawarkan berbagai layanan dan tools.

  2. Application Programming Interface (API): Seperangkat aturan dan definisi yang memungkinkan aplikasi untuk berkomunikasi satu sama lain.

  3. Auto Scaling: Fitur yang memungkinkan Anda untuk secara otomatis menambah atau mengurangi resources cloud sesuai dengan kebutuhan.

B

  1. Backup: Proses menyalin data ke lokasi lain untuk tujuan pemulihan jika terjadi kehilangan data.

  2. Big Data: Seperangkat data yang sangat besar dan kompleks yang sulit diproses dengan aplikasi tradisional.

  3. Blockchain: Teknologi terdesentralisasi yang memungkinkan transaksi aman dan transparan.

C

  1. Cloud Computing: Penyampaian layanan komputasi seperti server, penyimpanan, database, jaringan, aplikasi, dan lain sebagainya melalui internet.

  2. Container: Teknologi yang memungkinkan Anda untuk mengemas dan menjalankan aplikasi beserta dependensi mereka dalam satu unit yang terisolasi.

  3. Cost Optimization: Praktik untuk meminimalkan biaya cloud computing dengan menggunakan resources secara efisien.

D

  1. Data Center: Fasilitas fisik yang digunakan untuk menyimpan dan mengoperasikan infrastruktur komputasi.

  2. Disaster Recovery: Rencana untuk memulihkan operasi bisnis setelah terjadi bencana.

  3. DevOps: Pendekatan yang menggabungkan pengembangan perangkat lunak (dev) dan operasi IT (ops) untuk meningkatkan efisiensi dan kecepatan.

E

  1. Elasticity: Kemampuan untuk secara otomatis menambah atau mengurangi resources cloud sesuai dengan kebutuhan.

  2. Encryption: Proses mengubah data menjadi format yang tidak dapat dibaca tanpa kunci dekripsi.

  3. Environment: Konfigurasi resources cloud yang digunakan untuk menjalankan aplikasi.

H

  1. Hybrid Cloud: Hybrid cloud adalah model yang menggabungkan penggunaan private cloud dan public cloud, memberikan organisasi lebih banyak fleksibilitas dan opsi penyebaran data. Hal ini biasanya digunakan untuk mendapatkan keseimbangan antara keamanan data dan biaya operasi.

I

  1. Infrastructure as a Service (IaaS): IaaS adalah model layanan cloud yang menyediakan infrastruktur IT, seperti virtual machines (VMs), jaringan, operasi sistem dan storage, melalui internet. AWS (Amazon Web Services) dan Google Cloud Platform alias GCP, adalah beberapa contoh populer dari IaaS.

M

  1. Machine Learning: Cabang ilmu komputer yang memungkinkan komputer untuk belajar dari data tanpa diprogram secara eksplisit.

  2. Microservices: Arsitektur perangkat lunak yang membagi aplikasi menjadi layanan kecil yang independen.

P

  1. Platform as a Service (PaaS): Model layanan cloud yang menyediakan platform untuk mengembangkan, menjalankan, dan mengelola aplikasi.

  2. Public Cloud: Public cloud adalah jenis layanan cloud computing di mana penyedia layanan membuat sumber daya, seperti aplikasi dan penyimpanan, tersedia untuk umum melalui internet. AWS, Google Cloud Platform dan Microsoft Azure adalah beberapa contoh dari public cloud.

S

  1. Security: Praktik untuk melindungi data dan resources cloud dari akses yang tidak sah.

  2. Serverless Computing: Model komputasi cloud di mana Anda tidak perlu mengelola server.

  3. Software as a Service (SaaS): Model layanan cloud di mana aplikasi tersedia untuk digunakan melalui internet.

V

  1. Virtualization: Teknologi yang memungkinkan Anda untuk menjalankan beberapa sistem operasi pada satu server fisik.


Kesimpulan

Glosarium ini hanya memuat beberapa istilah penting dalam cloud computing. Anda dapat menemukan lebih banyak informasi tentang terminologi cloud computing di berbagai sumber online.

Memahami terminologi cloud computing adalah langkah pertama untuk memanfaatkan teknologi ini dengan maksimal. Gunakan glosarium ini sebagai referensi untuk membantu Anda memahami berbagai istilah dan konsep dalam cloud computing.


Tentang Elite Academy

Elite Academy adalah Cloud Engineering Academy pertama di Indonesia. Kami memfokuskan diri untuk melatih, menaungi, dan menyediakan Elite Workforce siap kerja. Di Elite Academy kalian dapat memilih End-to-End Program atau Individual Development Program (IDP) untuk menjadi Cloud Engineer. Informasi lengkapnya hubungi kami via Whatsapp official Elite Academy.

Follow dan ikuti juga semua informasi di instagram Elite Academy! Banyak informasi dan tips menjadi sebagai Cloud Engineer disana.


15 views0 comments

Comments


bottom of page