top of page

Mengenal Tren Terbaru Cloud Computing di Tahun 2024

Cloud computing telah menjadi salah satu teknologi paling penting dalam dunia digital saat ini. Teknologi ini memungkinkan perusahaan untuk mengakses berbagai sumber daya komputasi, seperti server, penyimpanan, dan jaringan, melalui internet. Hal ini membuat perusahaan dapat menghemat biaya dan meningkatkan skalabilitas serta fleksibilitas mereka.

Pada tahun 2024, cloud computing diprediksi akan terus berkembang dengan berbagai tren baru yang menarik. Berikut adalah beberapa tren terbaru yang perlu Anda ketahui:


Adopsi Multi-Cloud dan Hybrid Cloud yang Semakin Luas

Banyak perusahaan saat ini tidak lagi hanya menggunakan satu platform cloud, melainkan beberapa platform cloud yang berbeda. Hal ini disebut sebagai multi-cloud. Multi-cloud memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan keuntungan dari berbagai platform cloud, seperti fitur yang berbeda, harga yang lebih kompetitif, dan redundansi.

Selain multi-cloud, hybrid cloud juga menjadi tren yang semakin populer. Hybrid cloud adalah kombinasi antara cloud publik dan infrastruktur on-premise. Dengan hybrid cloud, perusahaan dapat menyimpan data sensitif di infrastruktur on-premise dan menggunakan cloud publik untuk aplikasi yang tidak memerlukan tingkat keamanan yang tinggi.


Peningkatan Penggunaan Serverless Computing

Serverless computing adalah model komputasi cloud di mana perusahaan tidak perlu lagi mengelola server. Penyedia layanan cloud akan mengelola semua aspek server, termasuk skalabilitas dan keamanan. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk fokus pada pengembangan aplikasi tanpa perlu khawatir tentang infrastruktur.


Serverless computing menjadi semakin populer karena beberapa alasan, seperti:

  • Lebih hemat biaya: Perusahaan hanya perlu membayar untuk sumber daya yang mereka gunakan.

  • Lebih skalabel: Serverless computing dapat secara otomatis menskalakan aplikasi Anda berdasarkan permintaan.

  • Lebih mudah digunakan: Anda tidak perlu memiliki pengetahuan tentang infrastruktur cloud untuk menggunakan serverless computing.


Penggunaan Kecerdasan Buatan (AI) dan Machine Learning (ML) di Cloud


AI dan ML adalah dua teknologi yang berkembang pesat dan memiliki banyak potensi untuk meningkatkan berbagai aspek bisnis. Cloud computing menyediakan platform yang ideal untuk menjalankan aplikasi AI dan ML.


Beberapa manfaat menggunakan AI dan ML di cloud:

  • Skalabilitas: Cloud computing dapat menyediakan skalabilitas yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi AI dan ML yang besar.

  • Akses ke data: Cloud computing menyediakan akses ke kumpulan data besar yang diperlukan untuk melatih model AI dan ML.

  • Keamanan: Cloud computing menyediakan keamanan yang diperlukan untuk melindungi data sensitif yang digunakan dalam aplikasi AI dan ML.


Peningkatan Keamanan dan Kepatuhan

Keamanan adalah salah satu aspek terpenting dalam cloud computing. Penyedia layanan cloud terus meningkatkan fitur keamanan mereka untuk melindungi data dan aplikasi Anda.

Kepatuhan terhadap peraturan juga menjadi semakin penting bagi perusahaan yang menggunakan cloud computing. Penyedia layanan cloud menawarkan berbagai layanan kepatuhan untuk membantu perusahaan memenuhi persyaratan peraturan yang berlaku.


Penggunaan Edge Computing

Edge computing adalah model komputasi di mana data diproses di perangkat yang dekat dengan pengguna, bukan di pusat data. Edge computing dapat membantu meningkatkan kinerja aplikasi dan mengurangi latensi.

Cloud computing dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi edge computing. Penyedia layanan cloud menawarkan berbagai layanan edge computing untuk membantu perusahaan membangun dan menjalankan aplikasi edge computing.


Penyedia Layanan Cloud yang Lebih Spesifik

Di tahun 2024, tren lain yang akan muncul adalah kehadiran penyedia layanan cloud yang lebih spesifik. Saat ini, ada banyak penyedia layanan cloud yang mengkhususkan diri dalam layanan tertentu, seperti komputasi paralel, pembelajaran mesin, atau analisis data. Tren ini akan terus berkembang di tahun 2024, di mana perusahaan dapat memilih penyedia layanan cloud yang sesuai dengan kebutuhan mereka yang sangat spesifik. Hal ini akan membuat penggunaan cloud computing lebih efisien dan memberikan keunggulan kompetitif bagi perusahaan.


Kesimpulan

Cloud computing adalah teknologi yang terus berkembang dengan berbagai tren baru yang menarik. Tren-tren ini akan membentuk masa depan cloud computing dan memberikan berbagai peluang bagi perusahaan.

Penting bagi perusahaan untuk memahami tren-tren terbaru dalam cloud computing dan memilih strategi yang tepat untuk mengadopsi teknologi ini. Dengan menggunakan cloud computing secara efektif, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi, skalabilitas, dan keamanan mereka.


Tips untuk Mengadopsi Cloud Computing


Berikut adalah beberapa tips untuk mengadopsi cloud computing:

  • Tentukan kebutuhan Anda: Apa yang ingin Anda capai dengan menggunakan cloud computing?

  • Pilih platform cloud yang tepat: Ada banyak platform cloud yang tersedia, dengan berbagai fitur dan harga. Pilih platform yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • Buat rencana migrasi: Bagaimana Anda akan memigrasikan data dan aplikasi Anda ke cloud?

  • Pastikan keamanan: Pastikan platform cloud yang Anda pilih memiliki fitur keamanan yang memadai untuk melindungi data Anda.

  • Pantau dan kelola penggunaan cloud Anda: Pantau penggunaan cloud Anda dan lakukan penyesuaian yang diperlukan.


Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat mengadopsi cloud computing dengan sukses dan mendapatkan manfaat dari teknologi ini.


Tentang Elite Academy

Elite Academy adalah Cloud Engineering Academy pertama di Indonesia. Kami memfokuskan diri untuk melatih, menaungi, dan menyediakan Elite Workforce siap kerja. Di Elite Academy kalian dapat memilih End-to-End Program atau Individual Development Program (IDP) untuk menjadi Cloud Engineer. Informasi lengkapnya hubungi kami via Whatsapp official Elite Academy.


Follow dan ikuti juga semua informasi di instagram Elite Academy! Banyak informasi dan tips menjadi sebagai Cloud Engineer disana.






4 views0 comments
bottom of page