top of page

Pendidikan Cloud Computing: Tak Hanya untuk Background IT

Salah satu kekeliruan yang sering terjadi dalam pemahaman banyak orang adalah anggapan bahwa cloud computing hanya dapat dipelajari dan dimengerti oleh orang dengan latar belakang IT. Sejatinya, pendidikan cloud computing adalah untuk semua orang dan dapat bermanfaat bagi siapa saja, tidak terbatas hanya pada mereka yang memiliki latar belakang IT.


Cloud computing merujuk pada penyimpanan dan akses data dan program melalui internet, bukan hard drive komputer. Teknologi ini telah merubah cara kita bekerja, bermain, dan belajar. Dari bisnis hingga pendidikan, hampir semua aspek kehidupan kita telah dipengaruhi oleh cloud computing.


Tidak dipungkiri bahwa memiliki pengetahuan teknis tentu saja akan mendukung pemahaman terhadap cloud computing. Namun, konsep utamanya, yaitu bagaimana internet dapat digunakan untuk menyimpan dan mengakses data, bukan eksklusif untuk mereka yang punya background IT. Konsep ini sangat relevan dan dapat dimanfaatkan oleh berbagai profesi, seperti profesional bisnis, guru, dan bahkan pelajar.


Seorang pelaku bisnis perlu memahami bagaimana perusahaan mereka dapat memanfaatkan cloud computing untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Seorang guru perlu memahami bagaimana teknologi ini dapat mengubah cara mereka mengajar dan berinteraksi dengan siswa. Sementara siswa harus memahami teknologi ini karena akan sangat mempengaruhi dunia kerja mereka di masa depan, terlepas dari bidang pekerjaan apa yang mereka pilih.


Berbagai pilihan pendidikan

Terdapat berbagai pilihan pendidikan cloud computing yang tersedia, baik online maupun offline. Berikut beberapa contohnya:

  1. Kursus online: Seperti Elite Academy, Coursera, Udemy, dan edX menawarkan berbagai kursus online tentang cloud computing yang dapat diakses di mana saja.

  2. Bootcamp: Bootcamp menyediakan program pelatihan intensif yang dapat membantu Anda mempelajari keterampilan cloud computing dalam waktu singkat.

  3. Program gelar: Beberapa universitas menawarkan program gelar di bidang cloud computing.

Memulai pendidikan cloud computing

Jika Anda tertarik untuk mempelajari cloud computing, berikut beberapa tips untuk memulai:

  1. Tentukan tujuan Anda. Apa yang ingin Anda capai dengan mempelajari cloud computing?

  2. Pilih platform pendidikan yang tepat. Pertimbangkan format, durasi, dan biaya dari berbagai pilihan yang tersedia.

  3. Mulai belajar dari dasar. Pelajari konsep-konsep dasar cloud computing, seperti infrastruktur cloud, platform cloud, dan layanan cloud.

  4. Praktekkan apa yang Anda pelajari. Gunakan platform cloud gratis untuk mencoba berbagai layanan dan fitur cloud.

  5. Tetap up-to-date. Teknologi cloud computing terus berkembang, jadi penting untuk selalu mengikuti perkembangan terbaru.

Kesimpulan

Pendidikan cloud computing tidak hanya untuk orang-orang dengan latar belakang IT. Teknologi ini dapat bermanfaat bagi siapa saja yang ingin meningkatkan produktivitas, membuka peluang kerja baru, dan meningkatkan daya saing mereka di pasar kerja.


Tentang Elite Academy

Elite Academy adalah Cloud Engineering Academy pertama di Indonesia. Kami memfokuskan diri untuk melatih, menaungi, dan menyediakan Elite Workforce siap kerja. Di Elite Academy kalian dapat memilih End-to-End Program atau Individual Development Program (IDP) untuk menjadi Cloud Engineer. Informasi lengkapnya hubungi kami via Whatsapp official Elite Academy.

Follow dan ikuti juga semua informasi di instagram Elite Academy! Banyak informasi dan tips menjadi sebagai Cloud Engineer disana.

20 views0 comments

Comments


bottom of page