top of page

Kebutuhan profesi cloud engineer di Jepang

Pendahuluan

Jepang merupakan salah satu negara maju di dunia yang memiliki perekonomian yang kuat. Hal ini didukung oleh berbagai sektor industri, termasuk industri teknologi informasi (IT). Industri IT di Jepang terus berkembang pesat, seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan teknologi cloud.


Teknologi cloud merupakan teknologi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses dan mengelola sumber daya IT, seperti data, aplikasi, dan infrastruktur, secara virtual melalui internet. Teknologi cloud menawarkan berbagai manfaat, seperti efisiensi biaya, skalabilitas, dan keamanan.


Seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan teknologi cloud, maka kebutuhan akan tenaga kerja profesional di bidang cloud juga meningkat. Salah satu profesi yang paling dibutuhkan di bidang cloud adalah cloud engineer.


Definisi Cloud Engineer

Cloud engineer adalah profesional yang bertanggung jawab untuk mendesain, membangun, dan memelihara infrastruktur cloud. Cloud engineer memiliki berbagai tanggung jawab, termasuk:


* Merencanakan dan merancang infrastruktur cloud

* Membangun dan mengimplementasikan infrastruktur cloud

* Mengoperasikan dan memelihara infrastruktur cloud

* Menangani masalah dan kesalahan pada infrastruktur cloud


Kebutuhan Cloud Engineer di Jepang

Menurut survei yang dilakukan oleh Indeed, kebutuhan akan cloud engineer di Jepang meningkat sebesar 25% pada tahun 2022. Survei tersebut juga menunjukkan bahwa rata-rata gaji untuk cloud engineer di Jepang adalah 7,5 juta Yen per tahun.


Kebutuhan akan cloud engineer di Jepang diperkirakan akan terus meningkat dalam beberapa tahun ke depan. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk:


* Pertumbuhan industri IT di Jepang

Industri IT di Jepang terus berkembang pesat, seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan teknologi digital dalam berbagai bidang, seperti bisnis, pemerintah, dan masyarakat. Menurut survei yang dilakukan oleh IDC, pasar IT di Jepang diperkirakan akan mencapai nilai ¥2,2 triliun pada tahun 2023.

Pertumbuhan industri IT di Jepang didukung oleh berbagai faktor, termasuk:

  • Pertumbuhan ekonomi Jepang

  • Perkembangan teknologi digital, seperti artificial intelligence (AI), Internet of Things (IoT), dan big data

  • Kebijakan pemerintah Jepang yang mendukung pengembangan industri IT

Pertumbuhan industri IT di Jepang menciptakan peluang bagi para profesional di bidang IT untuk berkarir di Jepang.


* Penerapan teknologi cloud oleh berbagai perusahaan di Jepang

Teknologi cloud telah menjadi salah satu teknologi yang paling populer di Jepang. Menurut survei yang dilakukan oleh Fujitsu, 80% perusahaan di Jepang berencana untuk menerapkan teknologi cloud dalam lima tahun ke depan.

Penerapan teknologi cloud oleh berbagai perusahaan di Jepang disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk:

  • Manfaat yang ditawarkan oleh teknologi cloud, seperti efisiensi biaya, skalabilitas, dan keamanan

  • Kebutuhan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis

  • Kebutuhan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang semakin meningkat

Penerapan teknologi cloud oleh perusahaan di Jepang menciptakan permintaan akan tenaga kerja profesional di bidang cloud, termasuk cloud engineer.


* Kebutuhan akan infrastruktur cloud yang lebih aman dan efisien

Kebutuhan akan infrastruktur cloud yang lebih aman dan efisien semakin meningkat. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk:

  • Meningkatnya ancaman keamanan siber

  • Kebutuhan untuk memenuhi regulasi yang semakin ketat

  • Kebutuhan untuk meningkatkan kinerja bisnis

Infrastruktur cloud yang lebih aman dan efisien dapat membantu perusahaan untuk melindungi data dan aplikasi mereka dari ancaman keamanan siber. Infrastruktur cloud yang lebih efisien juga dapat membantu perusahaan untuk mengurangi biaya dan meningkatkan kinerja bisnis.

Untuk memenuhi kebutuhan akan infrastruktur cloud yang lebih aman dan efisien, perusahaan perlu berinvestasi dalam teknologi dan praktik keamanan yang terbaru. Perusahaan juga perlu menerapkan best practices dalam mengelola infrastruktur cloud mereka.


* Transformasi digital perusahaan

Perusahaan Jepang semakin menyadari pentingnya menerapkan transformasi digital dalam operasi mereka. Dalam hal ini, penggunaan cloud computing menjadi prioritas dalam rangka meningkatkan efisiensi operasional dan mengoptimalkan keuntungan bisnis. Cloud Engineer menjadi elemen kunci dalam mengimplementasikan strategi ini dan bekerja sama dengan departemen TI internal untuk memastikan transisi yang mulus dan keamanan data yang cukup.


* Kurangnya tenaga ahli

Meskipun permintaan untuk Cloud Engineer meningkat, Jepang menghadapi kekurangan tenaga ahli dalam bidang ini. Peningkatan permintaan ini dicatat tidak hanya oleh perusahaan teknologi besar, tetapi juga oleh bisnis kecil dan menengah. Kurangnya jumlah lulusan yang memiliki keahlian ini menyebabkan permintaan yang tidak terpenuhi dan peluang karir yang luas untuk para profesional yang tertarik bekerja dalam cloud computing.


Persyaratan untuk Menjadi Cloud Engineer

Untuk menjadi cloud engineer, diperlukan kualifikasi dan keterampilan yang memadai. Berikut adalah beberapa persyaratan yang umum dibutuhkan untuk menjadi cloud engineer:


* Pendidikan: Sarjana atau diploma di bidang ilmu komputer, teknik, atau bidang terkait

* Pengalaman: Pengalaman kerja di bidang cloud, baik di perusahaan lokal maupun internasional, akan menjadi nilai tambah

* Keterampilan: Keterampilan teknis yang dibutuhkan untuk menjadi cloud engineer meliputi:

    - Teknologi cloud, seperti Amazon Web Services (AWS),Microsoft Azure, dan Google Cloud Platform  

    - Bahasa pemrograman, seperti Python, Java, dan JavaScript

    - Sistem operasi, seperti Linux dan Windows

    - Keamanan informasi

    - Keterampilan komunikasi dan interpersonal


Peluang Karier Cloud Engineer di Jepang

Peluang karier untuk cloud engineer di Jepang sangat luas. Cloud engineer dapat bekerja di berbagai perusahaan, baik perusahaan lokal maupun internasional, di berbagai industri. Beberapa contoh perusahaan yang membutuhkan cloud engineer di Jepang meliputi:


* Perusahaan teknologi, seperti Google, Microsoft, dan Amazon

* Perusahaan keuangan, seperti bank dan perusahaan asuransi

* Perusahaan manufaktur

* Perusahaan retail


Kesimpulan

Dalam kesimpulannya, permintaan untuk Cloud Engineer di Jepang terus meningkat seiring dengan adopsi cloud computing yang semakin luas di berbagai sektor. Industri cloud yang berkembang pesat, transformasi digital perusahaan, permintaan akan keahlian spesifik, kurangnya tenaga ahli, dan perubahan landscape bisnis, semuanya berkontribusi pada pertumbuhan kebutuhan akan Cloud Engineer di Jepang. Bagi para cloud engineer yang tertarik dalam teknologi cloud computing, Jepang menyediakan peluang karir yang menjanjikan dalam satu bidang yang sedang berkembang secara signifikan.


Klik disini: Japan Elite Cloud Engineer (JECE) program untuk daftar menjadi sebagai Cloud Engineer di Jepang.


Tentang Elite Academy

Elite Academy adalah Cloud Engineering Academy pertama di Indonesia. Kami memfokuskan diri untuk melatih, menaungi, dan menyediakan Elite Workforce siap kerja. Di Elite Academy kalian dapat memilih End-to-End Program atau Individual Development Program (IDP) untuk menjadi Cloud Engineer. Informasi lengkapnya hubungi kami via Whatsapp official Elite Academy.


Follow dan ikuti juga semua informasi di instagram Elite Academy! Banyak informasi dan tips menjadi sebagai Cloud Engineer disana.


45 views0 comments

Comments


bottom of page