top of page

Mengenal Lebih Jauh Tentang AWS dalam Dunia Cloud Engineering

Amazon Web Service (AWS) merupakan salah satu provider cloud computing paling komprehensif yang sudah mendunia. Platform ini digunakan secara luas oleh jutaan pelanggan, terutama perusahaan IT. Jika Anda adalah calon cloud engineer, maka AWS menjadi platform yang perlu diperhatikan.

Karena dengan cloud seperti ini, perusahaan dapat lebih cepat berinovasi maupun dalam menjalankan kegiatan operasional sehari-hari. AWS juga menawarkan rangkaian layanan berkualitas melebihi vendor lainnya. Mari kenali lebih jauh tentang layanan yang ditawarkan platform cloud computing ini dan mengapa penting bagi cloud engineer.

Mengenal AWS

Amazon Web Service adalah inisiator layanan cloud pertama yang mampu membuat revolusi dunia. Terbentuk pada tahun 2006 hingga sekarang berhasil menyediakan lebih dari 175 layanan global dari pusat data. Dengan hadirnya layanan cloud Amazon Web Service, keamanan data para pelanggan dapat terjaga. Sudah banyak perusahaan besar dan startup berbasis teknologi menggunakan AWS untuk meningkatkan inovasi, menghemat pengeluaran, sehingga tetap tangkas di industrinya.

Jika dibandingkan platform lainnya, tawaran AWS jauh bervariasi. Mulai dari penyimpanan database berskala besar, Internet of Things (IoT), sampai dengan Artificial Intelligence (AI). Banyak sekali keuntungan yang didapatkan pelanggan AWS.

Sebelum akhirnya berkembang pesat seperti sekarang, layanan ini digunakan pertama kalinya untuk memegang kendali operasi ritel online induk perusahaannya, yakni Amazon. Fungsionalitas rangkaian cloud AWS sangat bagus, seperti database-nya yang bisa dibuat berdasarkan kebutuhan organisasi atau perusahaan.

Layanan yang Ditawarkan AWS

AWS cloud menjadi pilihan tepat untuk transformasi bisnis di era industri 4.0. Platform unggulan dari Amazon dan termasuk salah satu perusahaan raksasa IT secara global. Penggunaan cloud computing ini semakin berkembang pesat hingga memiliki lebih dari 40 persen pangsa pasar. AWS mengungguli beberapa pesaing lainnya dalam industri cloud service market dengan permintaan konsultasi yang signifikan.

Banyak perusahaan besar menggunakan AWS untuk kebutuhan bisnis digital. Seperti Samsung, Kelloggs, Netflix, Unilever, dan perusahaan lainnya yang berskala multinasional. Agar lebih jelas, simak informasi berikut tentang beberapa kategori layanan yang ditawarkan oleh Amazon Web Service.

1. Cloud Computing

Cloud computing merupakan opsi yang populer dari AWS, banyak perusahaan menggunakannya untuk menyimpan data. Karena memberikan banyak keuntungan berupa efisiensi, kecepatan, meningkatkan produktivitas, performa, irit biaya, serta keamanan. Pada layanan cloud computing AWS terdapat sub berikut:

  • LightSail menawarkan penyebaran otomatis serta kemampuan mengelola penyimpanan dan jaringan, hingga komputer yang mungkin dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi.

  • Elastic Compute Cloud (EC2) adalah layanan web AWS yang memberikan banyak opsi bagi pengguna untuk membangun dan menjalankan hampir semua aplikasi. Dengan kapasitas komputasi yang aman dan fleksibel ukurannya dalam cloud. EC2 memungkinkan pengguna mudah dan cepat menggunakannya.

  • Elastic Beanstalk adalah layanan yang bisa membantu pelanggan AWS menyediakan lingkungan berbasis EC2. Layanan ini dapat mengelola semua infrastruktur tersebut sambil memberikan kendali dan visibilitas terhadap sumber daya yang mendasarinya. Pelanggan hanya akan fokus pada aplikasi bisnis bukan infrastrukturnya.

  • AWS Lambda merupakan layanan computing cloud tanpa server dari Amazon yang berbasis peristiwa. Layanan komputasi akan dijalankan sesuai kode respon dan mengelola sumber daya secara otomatis sesuai keperluan.

  • Elastic Container Service for Kubernetes (EKS) adalah layanan yang memudahkan dalam praktik Kubernetes di AWS dan on-premise.

2. Migrasi Data

Platform Amazon Web Service ikut menawarkan bentuk layanan migrasi. Pada layanan ini pengguna dapat memindahkan data secara fisik dari pusat data ke penyimpanan Amazon. Terdapat dua sub layanan pilihan migrasi, yaitu:

  • Data Migration Services (DMS) berfungsi memindahkan on-site basis data ke AWS. Bentuk sub layanan DMS juga membantu pelanggan mentransfer data dari satu basis data ke basis data yang lain.

  • Snowball yakni sub layanan migrasi yang memungkinkan pengguna mengirim beberapa data sekaligus dengan ukuran terabyte baik di dalam maupun di luar lingkungan AWS secara online. Migrasi snowball memang berbeda dari DMS.

  • Server Migration Service (SMS) menyederhanakan dan mempercepat migrasi ke cloud. Dengan layanan ini pelanggan dapat memindahkan aplikasi dari infrastruktur fisik, Amazon Virtual Private Cloud, Amazon EC2, Microsoft Hyper-V, Vmware vSphere, dan cloud lainnya ke AWS.

3. Penyimpanan Data dan Database

AWS menyediakan Amazon Elastic Block Store (EBS), Amazon Glacier, serta AWS Storage Gateway untuk penyimpanan data ke cloud. Semua layanan dihargai sangat kompetitif karena berkualitas tinggi. Sementara database yang ditawarkan AWS ada Amazon RedShift, Neptune, Amazon DynamoDB, dan Amazon RDS. Fokus utama AWS adalah penyimpanan cloud yang mudah digunakan user sehingga desain layanan ini sangat sederhana.

4. Keamanan

Layanan keamanan untuk semua kegiatan dan privasi pengguna AWS telah menggunakan Inspector, Identity and Access Management (IAM), Guard Duty, Shield, Key Management Service (KMS), Cloud Directory, Web Application Firewall (WAF), Certificate Manager, atau Macie. Inilah salah satu keunggulan platform cloud milik Amazon yang sudah terkenal. Dimana perusahaan dapat menjalankan bisnis dengan aman di lingkungan cloud computing, melindungi informasi, aplikasi, identitas, serta perangkat pelanggan.

5. Tools Management

Selain beberapa layanan tadi, Amazon Web Service juga menawarkan tools management. Fungsinya untuk memungkinkan pengguna mengaktifkan, menyediakan, serta mengoperasikan sumber daya AWS dalam menentukan prediktabilitas serta kondisi beban kerja cloud. Tools management AWS meliputi Managed Services, Systems Manager, AWS Auto Scaling, Service Catalog, Config, CloudTrail, CloudFormation, dan CloudWatch.

6. Analytics

AWS menyediakan layanan analitik terluas sesuai kebutuhan organisasi atau perusahaan dalam berbagai ukuran. Mulai dari penyimpanan data, analitik big data, pergerakan data, kecerdasan bisnis, analitik streaming, analitik log, serta machine learning dengan skalabilitas, performa harga terbaik, dan biaya terendah. Untuk kebutuhan tersebut, AWS menawarkan Data Pipeline, Elastic MapReduce (EMR), QuickSight, Kinesis, ElasticSearch, dan Athena.

Mengapa AWS Penting Bagi Cloud Engineer

Mengikuti perkembangan terbaru cloud bukan hal mudah. Seorang cloud engineer yang baik harus punya pengetahuan umum atas apa yang sedang terjadi kedepannya. Amazon Web Service menjadi salah satu keterampilan dasar yang harus dipelajari untuk menjadi insinyur cloud. Penyedia layanan ini menjadi awal memulai cloud computing.

Tanpa memahami cara kerja AWS Anda tidak dapat melakukan migrasi, penyimpanan database, komputasi dan pekerjaan lainnya lainnya. Maka dari itu pengetahuan akan layanan ini penting bagi setiap cloud engineer. Paling tidak Anda harus mendapatkan sertifikasi AWS sebagai bentuk validasi keahlian cloud yang diakui di industri.

AWS diketahui sebagai salah satu pemimpin pasar cloud service yang memiliki tingkat penggunaan gratis. Beberapa kelebihannya adalah perusahaan dapat menggunakan database yang sudah tersedia, sistem pengoperasioan, serta model programing. Dengan berbagai macam layanan berkualitas dari AWS bisa dinikmati dengan mudah.

Cukup untuk membantu Anda memulai dan memiliki latihan yang cukup. Anda baru akan kompeten apabila implementasi AWS berjalan sukses.




19 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page