top of page

Tips Sukses Lulus Sertifikasi Amazon Cloud Practitioner dan Solution Architect

Pendahuluan

Pada era modern ini, teknologi Cloud sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Salah satu pelayanan Cloud yang cukup populer dan sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan besar adalah Amazon Web Services (AWS). Jika Anda berkeinginan untuk meraih sertifikasi Amazon Cloud Practitioner dan Solution Architect, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan.


1. Pahami Desain Dasar AWS:

AWS menyediakan berbagai layanan dan aplikasi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Sebelum melangkah lebih jauh, pastikan Anda menguasai penggunaan dan fungsi dari layanan AWS. AWS memiliki dokumentasi online yang dapat Anda baca untuk memahami lebih dalam tentang setiap layanan yang mereka tawarkan.


2. Manfaatkan Sumber Belajar Resmi AWS:

AWS telah mengembangkan berbagai materi belajar yang membantu Anda mempersiapkan diri. Salah satunya adalah AWS Training and Certification. Materi ini secara khusus dirancang untuk membantu Anda memahami dasar-dasar AWS dan mempersiapkan Anda untuk ujian sertifikasi.


3. Latihan Exam Implementasi:

Untuk memastikan Anda benar-benar siap, lakukan simulasi ujian. AWS menyediakan kuis dan soal-soal latihan yang dapat Anda gunakan untuk berlatih dan memahami tipe pertanyaan yang akan muncul dalam ujian.


4. Mengikuti Kelas Online:

Ada banyak kursus online seperti Coursera, Udemy, dan Elite Academy yang menawarkan program spesifik untuk sertifikasi AWS. Mengikuti kelas ini dapat memperkaya pengetahuan Anda tentang AWS dan membantu Anda beradaptasi dengan format pertanyaan ujian.


5. Mengamalkan Hands-On Experience:

Mempelajari teori saja tidak cukup. Anda perlu juga mencoba secara langsung layanan-layanan tersebut dan melakukan berbagai eksperimen untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik. AWS menyediakan "free tier" atau layanan gratis selama satu tahun yang bisa Anda gunakan untuk melakukan praktek.


6. Tangani Pemecahan Masalah secara Praktis:

Selama mempelajari AWS, Anda mungkin menemui berbagai kendala dan masalah. Hal ini justru bagus, karena dengan menyelesaikan masalah tersebut, Anda akan belajar bagaimana AWS bekerja dalam situasi nyata.


7. Ikuti Komunitas AWS dan Forum Diskusi:

Komunitas AWS dan forum diskusi online lainnya menjadi sumber informasi yang sangat baik. Melalui forum ini, Anda dapat berbagi pengetahuan, bertanya, atau bahkan membantu rekan lain yang mengalami kesulitan.


8. Pelajari Kebijakan AWS:

Untuk lulus dalam ujian sertifikasi, Anda harus memahami kebijakan dan konsep AWS secara menyeluruh. Kebijakan ini termasuk model harga, kebijakan privasi, dan kebijakan keamanan.


9. Kurikulum Ujian:

Pelajari kurikulum ujian dan pastikan Anda memahami setiap poin yang ada di dalamnya. Kurikulum ini berfungsi sebagai panduan belajar Anda dan membantu Anda fokus belajar pada materi yang penting saja.


10. Persiapkan Mental:

Belajar untuk sertifikasi AWS memang membutuhkan komitmen waktu dan usaha yang cukup besar. Namun, dengan persiapan yang baik dan mental yang siap, Anda dapat melewatinya dengan sukses.


Penutup

Saatnya meningkatkan karir Anda dalam bidang teknologi cloud dengan meraih sertifikasi Amazon Cloud Practitioner dan Solution Architect. Mulailah perjalanan Anda dengan tips dan trik di atas. Anda pasti bisa! Selamat menempuh perjalanan Anda dalam dunia AWS.


Tentang Elite Academy

Elite Academy adalah Cloud Engineering Academy pertama di Indonesia. Kami memfokuskan diri untuk melatih, menaungi, dan menyediakan Elite Workforce siap kerja. Di Elite Academy kalian dapat memilih End-to-End Program atau Individual Development Program (IDP) untuk menjadi Cloud Engineer. Informasi lengkapnya hubungi kami via Whatsapp official Elite Academy.


Follow dan ikuti juga semua informasi di instagram Elite Academy! Banyak informasi dan tips menjadi sebagai Cloud Engineer disana.


18 views0 comments

Comments


bottom of page